Ikan Zebra, Ikan Hias Cantik dan Menarik

Sobat Jitu - Ikan Zebra untuk beberapa orang indonesia bahkan tidak mengetahi jenis ikan ini. Tapi dari corak yang ada pada badannya sangat tidak asing dan menarik, tidak jarang sekarang banyak orang memelihara ikan zebra ini.

Terlihat dari namanya ikan ini memiliki corak tubuh yang belang-belang seperti halnya Hewan Zebra di darat, namun zebra di sini yang di maksud adalah ikan hias Zebra

Ikan zebra sangat bagus sekali untuk dijadikan peliharaan di aquarium, karena ikan ini memiliki warna yang bagus dan bentuk yang kecil jadi sangat begitu menarik.

Ikan Zebra

Ikan zebra ini adalah termasuk ikan air tawar, Ikan Zebra ini tidak jarang orang menyebutnya dengan sebutan Ikan Striped Danio atau Zabrafish. Ikan Zebra ini termasuk kedalam ikan dengan keluarga Cyprinidea

Ikan Zebra ini sangat banyak beragam warna, yang tentunya ini menjadi ciri khas daripada ikan Zebra ini, corak dan garis horizontal di sepanjang tubuh ikan zebtra ini adalah ciri khas dari ikan Zebra ini.

Ikan Zebra ini memiliki tubuh yang panjang dan ramping sehingga dapat bergerak dengan gesit di aquarium dan itu membuat mempercantik ikan zebra di aquarium.

Ikan Zebra ini secara suka hidup bergerombol dalam kelompok. Jadi jika kalian membeli ikan ini saya sarankan untuk mencoba membeli ikan zebra ini dengan jumlah 3-6 ekor agar ikan bisa bergerombol di aquarium.


Tempat Tinggal Asal Ikan Zebra

Ikan Zebra Cantik

Ikan Zebra ini sangat banyak di temukan di perairan sungai gangga dan di beberapa negara dekat india. Di Sungai Gangga ini ikan zebra sangat banyak di setiap pesisirnya dan ikan ini juga ada di beberapa kota lainnya 

Ikan hias yang satu ini, banyak ditemukan di perairan sungai gangga yang melintasi beberapa kota seperti Pakistan, Nepal dan Bangladesh.

Hidup ikan zebra ini dapat di temukan di berbagai habitat seperti perairan tenang, perairan tetap atau mengalir. Dan juga ikan ini suka berada di Danau, Sungai dan pesawahan.

Makanan ikan zebra ini biasanya memakan serangga kecil, kutir dan binatang kecil yang hidup di air lainnya. Jadi apapun yang hidup di dalam air yang sesuai dengan mulutnya maka itu akan menjadi santapan makanan dari ikan Zebra itu sendiri.


Cara Mudah Memelihara Ikan Zebra

Ikan Hias Ikan Zebra

Ikan Zebra ini sudah termasuk kedalam ikan hias air tawar, maka sangat cocok untuk kamu yang suka memelihara ikan di aquarium dan ingin memperbanyak koleksi ikan untuk kamu rawat dan perawaatan dari ikan ini cukup mudah tidak ribet.

Dan berikut ini adalah beberapa alat dan keperluan untuk kamu agar mudah memelihara ikan Zebra ini :

1. Mempunyai Aquarium

Tentu saja ini adalah salah satu untuk kamu yang ingin memelihara ikan hias. Pilih Aquarium yang cocok untuk tempat tinggal kamu dan saya sarankan pilih Aquarium yang panjang dan agak lebar agar membuat ikan zebra menjadi lebih nyaman.


2. Masukan Batu Sungai dan Batu Kerikil

Semua ikan hias tentu sangat menyukai batu kerikil dan batu alam pada dasarnya, jadi saran saya masukan batu kerikil dan batu sungai yang kecil ke dalam Aquarium agar ikan menjadi tambah nyaman seperti di tempat habitatnya.

 

3. Tambahkan Air Yang Bersih

Masukan air untuk memenuhi Aquarium agar ikan zebra dan ikan lainnya bisa hidup dengan nyaman. Ketika memasukan air ke Aquarium jangan sampai air itu sudah tercampur bahan kimia saya sarnkan kamu memakai air sumur atau air isi ulang dalam mengisi air di Aquarium.


4. Masukan Ikan Zebra ke Aquarium

Setelah semuanya yang di atas di lakukan maka langkah selanjutnya adalah memasukan ikan zebra itu kedalam Aquarium. Masukan semua ikan zebra yang kamu miliki kedalam Aquarium. Saran saya kamu harus membeli ikan itu lebih dari 4 agar ikan itu tidak kesepian dan strees karena tidak ada teman di dalam Aquarium


5. Beri Makan Ikan Zebra 

Memberi makan ikan zebra dengan teratur akan membuat ikan zebra akan terus hidup dan sehat. jika kamu tidak memberi makan ikan zebra secara teratur maka yang akan terjadi pada ikan zebra kamu adalah kematian dan stress. 


6. Jaga Suhu Dalam Aquarium

Ikan zebra ini hanya bertahan hidup di antara suhu sekitar 18-24 derajat celcius, jadi kamu harus memperhatikan suhu dalam Aquarium agar ikan zebra ini tetap sehat dan hidup dan terhindar dari kematian.

Untuk menjaga suhu air pada Aquarium kamu harus memasang pemanas di Aquarium. Memasang pemanas pada Aquarium akan membuat ikan jadi lebih sehat dan tidak stres dan berpotensi untuk berkembang biak.


7. Rutin Membersihkan Aquarium

Menjaga kebersihan air ini dapat berpengaruh pada kehidupan ikan zebra, jadi kamu harus memperhatikan aquarium secara rutin. Jika Aquarium sudah terlihat seperti kiruh maka kamu harus ganti air dengan air baru. 

Membersihkan Aquarium ini sangat mudah tidak ribet siapkan saja tempat ikan agar kamu nanti bisa memindahkanya ke sana dan kamu bisa membersihkan Aquarium itu dengan bersih mulai dari kerikil dan kacanya bersihkan dan jika sudah bersih kamu bisa memasukan air lagi dan ikannya ke dalam Aquarium. 


Ikan Lain Yang Bisa Digabungkan ke Dalam Aquarium

Ikan Zebra Bergerombol

Ikan Zebra ini sangat mudah bergaul dengan ikan hias lainya. Tapi dibeberapa kasus karrena ikan ini sangat lincah dan agresif maka tidak jarang sering mengigit ekor ikan lainnya di Aquarium. Beberapa ikan yang suka di gigit ekornya oleh ikan zebra antara lain adalah ikan cupang, ikan guppy dan ikan manfish.

Untuk kamu yang mau menggabungkan ikan ini ke dalam Aquarium, alangkah baiknya kamu gabungkan ikan kecil seperti ikan Black Ghost, Neon Tetra, Ikan Molly dan Platy.


Ciri Ikan Zebra Betina dan Jantan.

Ikan Zebra Jantan Betina

  • Untuk ikan zebra betina biasanya warna ikan ini agak gelap 
  • Untuk pejantan maka ikan zebra ini sangat cerah dan menarik


Bentuk tubuh daripada ikan zebra pejantan ini lebih panjang daripada ikan zebra betina, Jika ikan zebra betina sudah perutnya bersar maka itu siap kawin.


Makanan Cocok Ikan Zebra

Makanan Ikan Zebra

Makanan ikan zebra ini tentu kita harus memikirkan bentuk mulutnya yang kecil jadi kita harus memberi makan ikan zebra ini dengan pakan yang kecil juga.

Kamu bisa memberi ikan zebra ini dengan pelet yang kecil, kamu bisa memberi pakan ikan pelet ikan untuk cupang juga karena ukuranna mulutnya hampir sama , Selain pelet kamu bisa memberikan makanan lainnya seperti Cacing kecil Cacing Sutra, Artemmia, Kutu Air dan Daphnia.

Nah itulah artikel tentang Ikan Zebra Yang Cantik Menawan yang bisa kamu baca, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu dalam memelihara ikan hias terutama ikan zebra. jangan lupa share artikel ini ke media sosial kamu ya.